Peringatan Hari Kelahiran R.A. Kartini 2014

Foto bersama dalam acara Peringatan Hari Kartini
Dalam rangka memperingati hari kelahiran R.A. Kartini pada Senin 21 April 2014, SMK Darul Musyawaroh bangsri mengadakan beberapa kegiatan diantaranya adalah Upaca Bendera dan juga Seminar, kegiatan ini diikuti oleh seluruh Peserta Didik SMK Darul Musyawaroh Bangsri, bukan hanya kali ini saja kegiatan semacam ini dilaksanakan, untuk memupuk rasa Nasionalisme para Peserta didiknya, selalu ada Peringatan pada setiap Peringatan Hari Besar Islam maupun Nasional.

Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Kelahiran R.A. Kartini di mulai pada pukul 09.00 wib., dan seluruh Peserta Didik dengan khikmat mengikuti jalannya acara tersebut, dan yang lebih menarik lagi, seluruh peserta Upacara diharuskan memakai pakaian tradisional kedaerahan, bagi yang putri memakai Busana Adat Jawa yang di padankan dengan nilai-nilai keislaman, sebagian besar memakai Batik dan bawahan Jarik, serta tidak meninggalkan Hijab. Bagi yang Putra pun demikian tak mau ketinggalan, mereka mengenakan Batik, sehingga terkesan adanya kebanggaan terhadap Budayanya sendiri.

Petugas Upacara sengaja ditunjuk dan diperankan oleh Peserta Didik Perempuan, tidak hanya itu saja Pembina Upacara juga di ambil dari Guru Perempuan, "ini dilakukan untuk mengenalkan nilai-nilai Emansipasi Wanita kepada Para Peserta Didik" ungkap salah seorang guru yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Upacara ini. kemampuan para Peserta Didik Perempuan sebagai petugas upacara pun tak kalah dengan Peserta Didik Laki-laki, terbukti bahwa Upacara berlangsung dengan lancar.

Setelah Upacara Bendera selesai pukul 10.30 wib. dilaksanakanlah kegiatan berikutnya yaitu Seminar dalam rangka memperingati Hari R.A. Kartini, pihak sekolah telah mengundang pemateri dari luar lembaga SMK DARMUS (sebutan untuk SMK Darul Musyawaroh: red), yang pertama yaitu dari Forum Kajian Jender (FKJ) Jepara. para peserta didik DARMUS sangat menyambut hangat kedatangan pemateri yang notabene mereka masih belajar juga di Perguruan Tinggi, suasana hangat terasa karena materi disampaikan secara ringan dan riang karena sesekali diisi dengan nyanyian dan gerakan-gerakan tari.

Pemateri yang kedua dalam seminar ini adalah berasal dari BKKBN Kabupaten Jepara. materi yang disampaikan mengarah pada Konseling Keremajaan. Apresiasi yang sangat positif diberikan pihak sekolah terhadap kegiatan ini, "kepada anak-anak ku (Peserta Didik SMK DARMUS: red) sekalian, ikutilah kegiatan ini dengan sungguh-sungguh maka manfaat pasti akan datang" disampaikan dalam pidato Kepala SMK Darul Musyawaroh Bangsri, Bapak Ahmad Imam, S.Pd. beliau juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada para Guru & Karyawan, dan Para Peserta Didik, juga kepada para Pemateri.