KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) KEBEKERJAAN SMK DARUL MUSYAWAROH BANGSRI

 Pelaksanaan Kegiatan P5 di SMK Darul Musyawaroh Bangsri


SMK Darul Musyawaroh Bangsri kembali menyelenggarakan program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Kebekerjaan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin (22/04/2024) sampai Senin (27/04/2024). Peserta P5 ini adalah seluruh peserta didik kelas X Program Keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor dan Teknik Koomputer dan Jaringan.

Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan program pemerintah untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka. Tujuan dilaksanakan kegiatan P5 dengan tema Kebekerjaan yaitu agar peserta didik mampu mengeksplorasi peluang dan potensi usaha yang bersumber pada potensi lokal.

Adapun rancangan kegiatan  P5 sebagai berikut : 



Terdapat 12 kelompok peserta didik yang disusun dalam program P5 kebekerjaan ini. Kelompok tersebut akan dibagi guna proses pembuatan modul, RAB, dan  Desain Banner tentunya setiap kelompok terdapat pendamping guru masing-masing untuk memanfaatkan peluang setelah lulus sebagai peluang kerja.

Berikut pembagian kelompok serta pendampig masing-masing : 



Pada pelaksanaan P5 ini peserta didik telah dibekali pengetahuan oleh guru terkait cara pembuatan modul, RAB, dan Desain Banner di hari pertama untuk pembuatan laporan setelah pelaksanaan P5 tema kebekerjaan selesai. Berikut dokumentasi dan pembuatan Desain Banner yang di buat oleh peseta  didik SMK  Darul Musyawaroh Bangsri. 












Kegiatan P5 ini memberikan banyak sekali manfaat baik untuk peserta didik. Bagi peserta didik program P5 ini dapat memberikan wawasan baru mengenai kebekerjaan yang sesuai dengan kemampuan masing-masing peserta didik yang berpeluang dijadikan usaha, membangun kerjasama, meningkatkan kemandirian dan kreativitas, memupuk soft skill dan hard skill, serta memberikan pengalaman bermakna khususnya dalam hal bekerja dan berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Selain itu, program P5 ini juga dijadikan sebagai sarana sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang berkontribusi pada jurusan yang ada.

Berikut beberapa dokumentasi program P5 ttema Kebekerjaan yang telah dilaksanakan:







Dokumentasi pada saat pelaksanan pembukaan P5 tema Kebekerjaan :